Jumat, 05 Juli 2013

STINDERGROS [STIENG UNDERGROUND SOCIETY]


STINDERGROS (Stieng Underground Society) adalah sebuah perkumpulan yg terorganisir berisi manusia-manusia penikmat musik rock, metal serta musik Underground yg berada di kawasan Desa Tieng, Kec.Kejajar, Kab.Wonosobo, Jawa Tengah.  STINDERGROS pada awalnya didirikan sebagai bentuk protes kepada para politikus busuk, koruptor, orang-orang munafik yg tidak pernah dapat menghargai orang lain sebagai manusia. Ketika protes dan demo sudah tidak lagi didengarkan, trali besi sudah tidak lagi menakutkan dan api neraka hanya dianggap sebagai khayalan semata, maka hal yg dapat dilakukan oleh orang-tersisih adalah dengan berteriak sekeras-kerasnya melalui musik Underground, protes melalui kaos oblong warna hitam sebagai bentuk rasa duka.
Saat sekitar tahun 2002 Waston (White Stone) yg merupakan penggagas berdirinya STINDERGROS bersama Tafrihan (Ianestein) bersama anak-anak muda Desa Tieng, yg beberapa diantaranya memiliki hobi aneh yaitu mendengarkan alunan musik Sepultura untuk mengiringi tidur. Karena ada kedekatan dan kebetulan sering bertemu, akhirnya memutuskan untuk menggalang anak-anak muda Desa Tieng yg pada waktu itu tidak pernah dianggap ada oleh lingkungannya, dianggap perusuh, dianggap sebagai orang-orang yg tidak peru bersuara apapun kepada siapapun. Dari persoalan tesebut, terbesitlah sebuah wacana dan pendapat bahwa satu-satunya yg dapat mempersatukan anak-anak muda Desa Tieng adalah musik. Dari hasil diskusi, maka tecetuslah sebuah ide untuk membentuk sebuah wadah yg dapat menampung aspirasi serta kreatifitas anak-anak muda Desa Tieng dalam bidang musik, khususnya musik rock, metal dan yg sealiran. Pada awal berdirinya, sekitar 75 pemuda yg tergabung dalam STINDERGROS dan siapapun dapat bergabung didalamnya, tampang boleh sangar melebihi preman, tapi sholat 5 waktu tetap harus dikerjakan, perilaku harus baik, tidak mengkonsumsi alkohol, narkoba, berjudi dan sejenisnya.

Pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah membahas diadakannya sebuah eent musik Underground walaupun sangat sederhana. Akhirnya disetyjui dengan terbentuknya panutia eventUnderground. Bulan Maret 2003 terlaksanalah event pertama STINDERGROS yg diberi nama 'SCREAM OF TERROR (SOT)' yg bertema 'DAMAI BUMIKU DAMAI NEGERIKU'. Event ini berlangsung di Balai Desa Dieng Wetan Kec.Kejajar Kab.Wonosobo. Pesertanya adalah band-band lokal sekitar Dieng. Event ini menjadi tonggak awal untuk event-event SOT selanjutnya.

***AGENDA STINDERGROS (Stieng Underground Society)***
_SCREAM OF TERROR 1 "DAMAI BUMIKU DAMAI NEGERIKU" DIENG, MARET 2003.
_SCREAM OF TERROR 2 "LOUDNESS FROM HELL"  KEJAJAR, 28 DESEMBER 2003.
_SCREAM OF TERROR 3 "KEJAJAR SETENGAH TIANG" 30 JANUARI 2005, BALDES TAMBI KEJAJAR. (Didasari oleh suatu tragedi yg terjadi di Gunung Prau Dieng. Tanggal 23 Desember 2004 sebuah pesawat militer milik Angkatan Udara yg jatuh ditempat tersebut dan menewaskan semua awak pesawat).
_SCREAM OF TERROR 4 "SHOUT OF THE DEVIL" GEDUNG GOLKAR WONOSOBO.
_SCREAM OF TERROR 5 "SOUL OF BLACK" BALDES KALIJERUK, 26 AGUSTUS 2007.
_SCREAM OF TERROR 6 "ARMYS OF HELL AND CRY OF WAR" GEDUNG GOLKAR WONOSOBO, 13 FEBRUARI 2011. (Perhelatan akbar yg dimotori oleh anggota STINDERGROS generasi ke-2, Iyan dkk).
_SCREAM OF TERROR 7 "A TRIBUTE TO SIMBAH" GEDUNG PPKW WONOSOBO, 11 SEPTEMBER 2011. (Event yg khusus mengenang Almarhum Zainul Fikri (Simbah), salah satu ujung tombak STINDERGROS yg meninggal dunia karena penyakit jantung)
_SCREAM OF TERROR 8 "UNITED HEADBANGERS" GEDUNG KORPRI WONOSOBO, 20 JANUARI 2013.
_SCREAM OF TERROR 9 "ANNIVERSARY 10Th OF STINDERGROS" GEDUNG SASANA ADIPURA KENCANA WONOSOBO, 09 JUNI 2013.
Sampai saat ini anggota STINDERGROS datang dan pergi, untuk generasi pertama dan kedua sudah banyak yg berkonsentrasi dengan keluarga dan saat ini masih dijalankan oleh generasi ketiga yg tetap bergerak untuk menyuarakan protes dan teriakan "SCREAM OF TERROR", serta menyuarakan tentang kematian yg pasti akan datang kepada semua manusia.

_____\mxm/_____ALL HAIL STINDERGROS & WONOSOBO METALHEADS_____\mxm/_____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STINDERGROS @2014